UPDATES

Berita | Artikel | Promo

Bahaya PM 2,5 Bagi Kesehatan

Bahaya PM 2,5 Bagi Kesehatan

PM 2,5 ini mengacu pada partikel yang ditemukan di udara termasuk debu, asap, jelaga dan tetesan air. Partikel PM 2,6 berukuran diameter 2,5 mikron atau kurang. Partikel 2,5 ini ukuran nya sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. 

 

Dari semua tindakan polusi udara, PM 2,5 ini merupakan ancaman kesehatan terbesar karena ukuranya yang kecil dan dapat melayang di udara untuk waktu yang lama. PM 2,5 ini dapat juga mengakibatkan penyakit gangguan pernafasan, 

 

Sumber polusi PM 2,5 merupakan materi partikulat yang dapat dipancarkan langsung dari sumber buatan manusia atau alami, dengan sumber buatan manusia, umumnya menghasilkan jumlah PM 2,5 lebih besar. 

 

Sumber PM 2,5 buatan manusia yang paling umum meliputi : 

Pembakaran motor

Pembakaran pembangkit listrik

Proses industri 

Kompor, perapian dan pembakaran kayu rumah 

Asap dari kembang api

Merokok

 

Dan sumber alami PM 2,5 meliputi : 

Debu

Jelaga

Kotoran

Garam tertiup angin

Spora tumbuhan 

Serbuk sari 

Asap dari kebakaran hutan

 

Sumber PM 2,5 yang dominan dapat bervariasi tergantung pada musim, cuaca, iklim, tingkat urbanisasi negara dan wilayah. Dalam studi pada tahun 1994 di lingkungan atmosfer melihat sumber PM 2,5 di Amerika Serikat, menentukan bahwa pembakaran biomassa adalah kontributor tertinggi emisi PM 2,5 di barat laut, sementara sisa pembakaran minyak adalah sumber dominan di timur laut dan di kota-kota pelabuhan besar. 

 

PM 2,5 ini sangat mempengaruhi kesehatan karena ukuranya yang kecil dan meningkatkan potensi bersarang jauh kedalam saluran pernafasan dan mampu memasuki sistem peredaran darah dan bahkan otak. Gejala jangka pendek ini merupakan paparan partikulat tingkat tinggi termasuk iritasi tenggorokan dan saluran udara seperti batuk serta kesulitan bernafas. 

 

Share this Post: