Pentingnya Memiliki Lemari Besi Tahan Bongkar Bersertifikat

25 Feb 2020

Sudahkah Anda memiliki lemari besi tahan bongkar bersertifikasi di rumah atau kantor? Lemari besi tahan bongkar kerap digunakan untuk menyimpan barang berharga, seperti paspor, mata uang asing, perhiasan dan barang berharga lainnya. Selain tahan bongkar, lemari besi biasanya mempunyai fitur tambahan seperti tahan api yang akan melindungi barang berharga Anda dari bencana kebakaran. Lemari besi tahan bongkar umumnya memiliki rangka dengan ketahanan tinggi dan sistem penguncian yang sangat baik sehingga menjaga barang lebih aman.

Namun tahukah Anda jika tingkat proteksi lemari besi tahan bongkar ini mempunyai kelas-kelas yang berbeda? Semakin tinggi kelas-nya, maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membongkar lemari besi tersebut, yang berarti juga tingkat keamanannya semakin tinggi.

Secara umum, lemari besi tahan bongkar terdiri dari 6 kelas. Perbedaan kelas ini harus melalui pengujian yang menggunakan standar internasional untuk membuktikan keandalan dan kekuatan lemari besi tersebut. Lalu, apa yang membedakan lemari besi tahan bongkar yang bersertifikat dengan yang non-sertifikat? Simak keterangan berikut ini:
 

  Bersertifikat Non Sertifikat
Pengujian Lemari besi di uji oleh badan penguji independen yang berpengalaman dengan mengunakan standar internasional yang telah diakui secara global. Tidak ada pengujian.
Alat Pengujian Badan penguji menggunakan berbagai alat untuk mendapatkan koefisiensi guna menentukan kekuatan lemari besi dan waktu bongkar. Alat penguji tak terdefinisi dengan jelas.
Spesifikasi Material Saat melakukan pengujian, seluruh spesifikasi material dicatat, dikendalikan, dan ditetapkan secara jelas. Material yang digunakan tidak tercatat secara spesifik.

Tak hanya itu, pengujian lemari besi tahan bongkar yang bersertifikat akan dilakukan secara berkala dan bersifat mendadak untuk memastikan jika lemari besi yang akan di produksi secara masal telah memenuhi spesifikasi.

Jika Anda berencana untuk membeli lemari besi tahan bongkar, pastikan untuk memperhatikan hal penting berikut ini:
 

  • Sesuaikan jenis lemari besi dengan ukuran ruangan.
  • Pertimbangkan level proteksi yang dibutuhkan, misalnya apakah Anda membutuhkan lemari besi tahan bongkar saja atau perlu tambahan fitur tahan api.
  • Pastikan memilih lemari besi bersertifikasi untuk mendapatkan jaminan kualitas serta layanan purna jual.

Untuk memeriksa sertifikasi sebuah lemari besi, Anda bisa melihatnya pada label sertifikasi yang biasanya terletak di balik pintu atau di bagian dalam samping laci pertama. Pastikan untuk membeli lemari besi tahan bongkar bersertifikasi ya!