Sebelum Membeli Lemari Besi Tahan Api, Ketahui Dahulu Tipe-Tipenya

16 Feb 2020

Antisipasi sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan dalam jumlah besar. Tak terkecuali pada barang-barang berharga Anda di rumah. Salah satu kerusakan yang paling beresiko adalah kebakaran.

Sebagai negara beriklim tropis, kebakaran rentan terjadi di musim kemarau. Tak hanya itu, kelalaian manusia juga bisa menjadi penyebab kerusakan ini. Jika tak memiliki pencegahan, bukan tidak mungkin barang berharga seperti perhiasan, paspor, dan dokumen berharga Anda juga ikut lenyap.

Untuk melindungi aset berharga Anda, sudahkah Anda mengantisipasinya dengan memiliki lemari besi tahan api?

Sebelum Membeli Lemari Besi Tahan Api
Lemari besi atau brankas tahan api memang kerap digunakan di perkantoran dan hotel. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menggunakannya di rumah. Jenis-jenis lemari besi memiliki durasi ketahanan api yang berbeda-beda, mulai dari 30 menit hingga 2 jam.

Saat memutuskan untuk membeli lemari besi tahan api, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan jika lemari tersebut memiliki sertifikat tahan api. Tak ada salahnya untuk menanyakan fitur lain pada lemari besi. Pasalnya, beberapa lemari besi juga memiliki fitur tahan air yang tentunya akan menjaga dokumen dan barang penting lainnya dengan lebih baik. Perhatikan juga apakah lemari besi tahan api itu mempunyai fitur tahan bongkar sehingga tak mudah di bobol, jenis penguncian lemari besi hingga ada tidaknya alarm.

Tipe-Tipe Lemari Besi Tahan Api
Jika dulu lemari besi di buat dengan sistem konvensional menggunakan kunci kombinasi manual, saat ini teknologi digital membuat sistem penguncian semakin aman dan praktis. Untuk itu, yuk ketahui dahulu tipe-tipe brankas tahan api di bawah ini.

Alpen D17D
Merupakan seri lemari besi tahan api 60 menit yang memiliki desain berbentuk drawer safe yang unik sehingga memudahkan penyimpanan dalam lemari Anda. Lemari besi tahan api ini juga dilengkapi alarm local jika terjadi getaran berlebihan pada brankas tersebut.

Alpen A36B
Merupakan seri lemari besi tahan api 60 menit yang dilengkapi dengan kunci kombinasi biometrik menggunakan sidik jari. Seri ini juga memiliki opsi penguncian dengan kombinasi digital yang menggunakan tombol LED dan bisa di program hingga 8 angka kombinasi. Selain tahan api, SAN Alpen A juga tahan air dan memiliki fitur anchoring untuk menghindari pembongkaran paksa.

Olympus A50D
Merupakan seri lemari besi tahan api 2 jam sekaligus tahan air. Memiliki 2 pilihan warna sehingga bisa dicocokkan dengan interior rumah Anda. Dilengkapi dengan kunci kombinasi digital touchscreen yang bisa diprogram hingga 8 angka kombinasi.

Fuji A41D
Mau punya lemari besi tahan api yang lebih stylish? Sebaiknya pertimbangkan SAN Fuji yang bagian luar pintunya terbuat dari lapisan baja stainless steel bermotif. Memiliki spesifikasi tahan api 90 menit lengkap dengan kunci kombinasi digital pada layar touchscreen. Tak kalah pentingnya, seri ini dilengkapi dengan fitur anti burglary protection berupa alarm lokal dengan bunyi setara 120 dB apabila terjadi getaran berlebihan atau jika lemari besi dimiringkan melebihi 15°.

Nah, mana yang menjadi incaran lemari besi tahan api untuk menyimpan barang berharga Anda?