Lemari Kantor: Solusi untuk Meja Kerja yang Berantakan

11 Feb 2020

Bagi para pekerja, menumpuk arsip atau kertas kerja di atas meja kantor adalah hal yang biasa. Namun, lambat laun tumpukan tersebut akan membuat tak nyaman saat harus bekerja. Membereskan kertas kerja dan dokumen bisa dimulai dengan memiliki lemari kantor sehingga Anda bisa menyimpan dokumen secara lebih rapi, terorganisir dan aman.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih lemari kantor, seperti berikut ini.

Pilih fitur lemari kantor yang cocok
Jenis lemari kantor mempunyai berbagai macam pilihan, diantaranya bisa berupa lemari berpintu kaca, full plat baja atau kombinasi keduanya, lemari dengan pintu geser atau ayun, lemari dengan penguncian atau tanpa penguncian, lemari kantor dengan tinggi tertentu, dan lain sebagainya. Pilihlah jenis lemari yang memang Anda butuhkan. Misalnya, jika ruang kerja Anda sempit, jangan pilih lemari kantor berpintu ayun yang membutuhkan ruang yang relatif lebih lebar dibandingkan dengan lemari kantor berpintu geser. Atau jika Anda membutuhkan penyimpanan dokumen yang tidak mudah dilihat oleh pekerja lain dan tersimpan aman, maka pilihlah lemari kantor setinggi meja kerja Anda yang pintunya terbuat dari plat baja dan memiliki kunci pengaman. Jika Anda mempunyai banyak sekali dokumen atau arsip, bisa memilih lemari kantor jenis laci-laci dan bukan lemari pada umumnya.

Cari yang sesuai dengan tempat kerja Anda
Lemari kantor tak hanya perlu menyesuaikan dengan dekorasi ruangan, tetapi juga harus menyesuaikan dengan alur hilir mudik karyawan. Beberapa lemari kantor di desain berukuran besar dan menghabiskan cukup banyak ruang. Jadi pastikan Anda memilih lemari kantor yang penempatannya tidak akan menghalangi Anda untuk berjalan. Setidaknya sisakan ruang di bagian depan lemari agar Anda berdiri mengambil atau meletakkan dokumen dengan nyaman.

Pilih tipe lemari kantor dengan tepat
Ada dua tipe lemari besi kantor, yakni ukuran vertikal dan horizontal. Jika ruang kerja Anda relatif sempit, bisa memilih tipe vertikal atau tipe gantung. Sementara lemari besi tipe horizontal membutuhkan ruangan yang lebih lebar mengingat jenis ini memiliki ukuran lemari yang lebih pendek namun memanjang ke samping.

Memiliki mekanisme kunci yang aman
Jika Anda menggunakan lemari kantor untuk menyimpan dokumen penting dan rahasia, pastikan Anda memilih lemari yang dilengkapi dengan mekanisme penguncian sehingga tak semua orang bisa membukanya. Jenis pengunciannya pun terdiri dari beberapa jenis, bisa berupa penguncian manual dengan anak kunci seperti lemari kantor pada umumnya, atau penguncian dengan kunci kombinasi digital.

Sesuaikan dengan aktivitas karyawan
Jika tak mau repot memindahkan lemari kantor, ada baiknya Anda memilih tipe lemari kantor yang kecil atau beroda sehingga jika dibutuhkan untuk berpindah ruangan, Anda akan mudah membawanya. Idealnya pilihlah lemari kantor yang kecil dan memiliki roda sehingga Anda bisa menyimpannya di bawah meja kantor Anda.

Tak susah kok memilih lemari kantor untuk menyimpan dokumen. Tipe mana yang menjadi favorit Anda? Silahkan kunjungi www.indosan.com untuk melihat jenis-jenis office cabinet lemari kantor yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.